window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara Flash Android Dengan Menggunakan Aplikasi QFIL

Cara Flash Android Dengan Menggunakan Aplikasi QFIL

Chipset Qualcomm adalah chipset yang sangat umum dipasangkan pada perangkat Android saat ini karena dikenal memiliki performa yang cukup mumpuni untuk mendukung sistem perangkat yang makin lama makin memiliki beban penggunaan yang makin tinggi. Tapi di sisi lain chipset ini memiliki kelemahan ketika perangkat Android dilakukan rooting  atau oprekan Android lainnya seperti misalnya gagal melakukan rooting, aplikasi yang sering force close, hp jadi macet alias hang, bootloop atau terjebak di logo hp saat restart, dan masalah lainnya. Namun jangan khawatir, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan QFIL atau Qualcomm Flash Image Loader. Berikut adalah cara flash Android dengan menggunakan QFIL yang bisa berguna untuk Anda dan mudah untuk dilakukan.

Mengatasi Android rusak dengan QFIL
QFIL adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan flashing firmware Stock Rom pada Android yang menggunakan chipset Qualcomm. Berbagai macam kerusakan perangkat lunak yang melanda smartphone Anda bisa dicoba diatasi dengan flashing menggunakan QFIL ini sehingga tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk ke tukang servis. Proses flashing dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop yang kemudian nanti dihubungkan dengan Android Anda. 

Cara flash Android dengan menggunakan QFIL yang pertama adalah dengan mengunduh QPST di link-link yang sudah tersedia di internet. Kemudian download juga driver untuk Qualcomm dan firmware khusus sesuai dengan tipe smartphone yang Anda gunakan. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini:


  1. Download QPST di komputer atau laptop Anda kemudian buka aplikasi QFIL.exe
  2. Klik pada tombol Browse kemudian pada Program Patch pilih firmware yang sudah di-download sesuai dengan tipe Android Anda
  3. Kemudian klik pada tombol Load XML dan pilih rawpgoormam0.xml atau rawprogram_unspare.xml sesuai dengan tipe firmware, kemudian pilih patch0.xml
  4. Hubungkan ponsel Anda dalam kondisi mode 9008, pastikan baterai ponsel setidaknya lebih dari 50% agar saat proses flashing tidak mati di tengah jalan karena baterai yang habis. Jika flashing mati di tengah jalan dan gagal resikonya bisa membuat ponsel Anda mati total
  5. Cek apakah ponsel Anda terdeteksi oleh QFIL atau tidak, bisa juga cek di driver pada device manager
  6. Pada aplikasi QFIL klik Download dan proses flashing pun akan dimulai, jangan matikan komputer maupun ponsel saat proses flashing sedang berlangsung. 


Kelebihan flashing menggunakan QFIL

Ada berbagai macam cara melakukan flashing pada Android, lalu apa yang membuat cara flash Android dengan menggunakan QFIL lebih spesial? Yang pertama adalah aplikasi QFIL sifatnya portable sehingga ia tidak harus diinstal di komputer atau laptop Anda sehingga hanya cukup diunduh, diekstrak, kemudian dibuka dan langsung jalankan tanpa merubah perangkat lunak komputer Anda. Yang kedua adalah flashing menggunakan QFIL relatif lebih mudah untuk flashing Android yang menggunakan Qualcomm.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan QFIL adalah tersedianya log box yang memudahkan Anda untuk membaca kembali proses flashing dari awal hingga akhir termasuk jika terjadi kesalahan. Dengan demikian selama proses flashing Anda tidak harus menatap layar terus menerus karena takut kehilangan informasi. QFIIL mendukung untuk melakukan flashing yang menggunakan chipset Qualcomm dengan begitu hampir semua merk Android bisa di-flash dengan menggunakan aplikasi ini karena sebagian besar ponsel Android saat ini menggunakan Qualcomm sebagai chipsetnya. Demikian adalah cara flash Android dengan menggunakan QFIL yang mudah. 

Comments 0