window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara flash hp samsung dengan mudah

Cara Flash HP Samsung Yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Siapa di sini pengguna smartphone dengan merk Samsung? Brand tersebut pasti sudah tidak asing bagi pengguna smartphone masa kini. Terlebih lagi, hampir setiap tahunnya Samsung mengeluarkan tipe terbaru dengan fitur yang tidak pernah membuat pelanggannya merasa bosan. Tidak heran jika banyak orang menganggap bahwa smartphone Samsung merupakan ponsel terbaik dibanding Android lainnya.

Salah satu fitur dari Samsung yang menjadi keunggulannya adalah flash handphone. Flash merupakan sebuah fitur yang bisa mengupgrade sistem Android pada masing-masing Samsung ke tingkatan terbaru. Atau bisa juga melakukan downgrade ke versi lawasnya untuk mengatasi kerusakan Android pada sistem Samsung. Cara flash hp Samsung paling sering dilakukan dengan bantuan servis handphone.

Namun, buat Anda yang tidak ingin berlama-lama mengunjungi servis handphone. Bisa menggunakan cara ini agar bisa flash hp Samsung semua tipe yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini langkah-langkah cara flash hp Samsung.



Persiapkan Peralatan

Sebelum Anda melakukan flash, ada baiknya simpan semua data pada handphone Android Anda tersebut ke perangkat PC atau SD Card. Backup file bisa Anda lakukan dengan menggunakan software Kies agar lebih mudah dan cepat. Setelahnya, siapkan handphone Samsung Anda yang akan di flash. Perhatikan daya baterai masih dalam keadaan minimal 30%. Dan jangan lupa siapkan alat-alat seperti kabel data, PC, Samsung USB Driver, firmware sesuai tipe handphone, dan software flash.

Flashing Menggunakan Komputer

Bagi Anda yang ingin flashing menggunakan komputer, instal terlebih dahulu Samsung USB Driver dan software flash pada PC Anda. Jika sudah siap, langkah berikutnya yaitu matikan smartphone selama beberapa detik dan hidupkan kembali dengan menahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersama. Secara otomatis, mode download firmware berlangsung pada Samsung Anda. Saat masuk mode firmware, lepaskan tombol dan jangan tekan tombol apapun.

Selanjutnya, sambungkan handphone ke PC menggunakan kabel data hingga terdeteksi di layar komputer. Lalu, tekan tombol Volume Atas dan masukkan firmware yang sudah terdownload di awal untuk dimasukkan ke software flash. Pastikan pilihan Auto Reboot dan F. Reset Time dalam posisi enable ceklist. Kemudian, masukkan firmware dengan klik AP hingga pilih tombol OK dan Start. Dan proses flash sudah mulai berlangsung.

Tunggu prosesnya sampai selesai dan handphone Samsung Anda akan melakukan Restart otomatis. 

Flashing Tanpa Menggunakan Komputer

Sama seperti sebelumnya, lakukan backup file terlebih dahulu. Lalu, simpan firmware pada SD Card di direktori awal atau tidak dimasukkan ke dalam folder manapun. Ingat, firmware masih berupa bentuk .zip atau .rar. Masukkan kartu memori Samsung ke dalam slot dan nyalakan smartphone dalam mode recovery dengan cara menekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan.

Masuk ke menu Wipe Data atau Factory Reset dan pilih Yes. Tunggu hingga proses tersebut selesai. Kembali lagi ke menu awal dan pilih file firmware untuk di proses. Klik tombol Yes, dan proses flashing mulai berlangsung dan tunggu hingga selesai. Proses selesai jika handphone Samsung Anda melakukan Reboot atau Restart dengan sendirinya. Dan Samsung sudah selesai melakukan flashing tanpa menggunakan komputer.

Itulah beberapa cara flash hp Samsung dengan langkah yang bisa Anda pilih. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ke tempat servis untuk melakukan flash Samsung yang bisa dikerjakan sendiri.      

Comments 0