window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Semua Operator

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Semua Operator
Anda pasti pernah tahu berita mengenai pemblokiran kartu prabayar berbagai operator di tahun 2018? Benar sekali. Jika Anda belum mendaftarkan nomor kartu handphone hingga tanggal 1 Mei 2018 kemarin, maka nomor tersebut akan diblokir total oleh pihak operator. Pada dasarnya, hal tersebut merupakan himbauan dari Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika terkait Ketetapan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Nomor 1 Tahun 2018.
Agar nomor ponsel lama Anda masih bisa aktif, begitu juga dengan nomor baru bisa digunakan. Anda harus melakukan registrasi kartu. Bagaimana cara registrasi kartu SIM prabayar pada smartphone Android atau smartphone lainnya? Berikut ini cara yang mudah dan praktis bisa Anda langsung praktekkan.

Registrasi Pelanggan Baru Atau SIM Perdana
Siapa bilang kartu yang baru Anda beli tidak perlu melakukan registrasi? Kartu baru atau SIM perdana tidak akan bisa Anda gunakan dan operasikan apabila belum didaftarkan. Registrasi kartu membutuhkan data diri Anda berupa nomor Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan. Tidak hanya itu, alamat tempat tinggal serta tempat, tanggal lahir juga diikutsertakan. Oleh karena itu, ada baiknya registrasi kartu perdana Anda lakukan sendiri, bukan penjual kartu di konter.

Begitu kartu sudah Anda masukkan ke dalam smartphone Android milik Anda, segera lakukan registrasi kartu SIM Prabayar dengan langkah berikut ini:
  • Buka aplikasi SMS pada Android dan kirim REG <spasi> 16 digit NIK#16 digit KK untuk nomor perdana Telkomsel. A
  • tau DAFTAR <spasi> 16 digit NIK#16 digit KK untuk nomor perdana XL, AXIS.
  • Dan ketik 16 digit NIK#16 digit KK untuk registrasi nomor perdana IM3, Indosat, Tri,dan Smartfren.
Kirim format tersebut ke nomor 4444.

Registrasi Pelanggan Lama Atau SIM Aktif
Begitu juga dengan pelanggan lama atau mengaktifkan SIM kartu smartphone sebelumnya. Format yang Anda kirim tidak berbeda dengan registrasi dari pelanggan baru atau SIM Perdana. Setelah format sudah siap dan sesuai dengan nomor data diri Anda, segera kirim ke nomor 4444. Tunggu hingga ada SMS balasan dari nomor 4444. SMS balasan tersebut untuk memberitahukan bahwa registrasi kartu prabayar Anda sudah sukses atau tidak.

Jika terjadi kegagalan, mungkin terdapat kesalahan pada nomor NIK atau KK yang Anda masukkan sebelumnya. Pelanggan harus menggunakan nomor NIK dan KK asli. Hal tersebut agar tidak terjadi kegagalan pada saat melakukan cara registrasi kartu prabayar di ponsel Android Anda. Namun, apabila Anda sudah mengikuti prosedur, namun registrasi tetap gagal. Maka, Anda bisa langsung mengunjungi Graha Pari Sraya atau GraPari jenis kartu SIM Prabayar Anda.

Anda akan menyesal jika tidak segera mendaftarkan kartu ponselnya. Karena menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo, pelanggan telekomunikasi wajib mendaftarkan nomor prabayar menggunakan NIK yang ada di KTP dan KK. Apabila hal tersebut dilanggar, akan ada sanksi yang menunggu pelanggan operator terkait. Yaitu, berupa pemblokiran secara bertahap terhadap nomor lama maupun nomor perdana.

Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukan registrasi kartu smartphone Android. Karena hal tersebut sudah diberitahukan dalam jangka waktu yang lama sampai batas waktu registrasi berakhir. Tujuan dilakukannya hal ini adalah sebagai upaya Kemenkominfo terhadap penyalahgunaan nomor ponsel, serta memperkecil terjadinya penipuan melalui komunikasi yang mulai marak terjadi.
Jangan lupa langkah-langkah cara registrasi kartu prabayar Anda.

Comments 0