window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara Setting HP Android Agar Tidak Mudah Lemot

4 Cara Setting HP Android Agar Tidak Mudah Lemot

Cara setting hp Android agar tidak lemot bisa Anda dapatkan di sini. Produk-produk ponsel Android saat ini berlomba untuk menyajikan memori internal dan RAM yang besar ditambah dengan prosesor yang canggih demi membuat performa kerja perangkat jadi lebih cepat dan tidak lag. Namun setelah digunakan beberapa lama pun perangkat Android juga lama kelamaan akan mengalami kemunduran kinerja kecepatan. Digunakan untuk membuka aplikasi pun jadi serba lambat dan menghambat mobilitas serta aktivitas Anda. Jangan khawatir, Android Anda bisa diatur agar memiliki performa yang lebih cepat dengan mengatasi masalahnya. 


Mengosongkan RAM hingga setengah

Salah satu penyebab perangkat Android Anda jadi lemot adalah karena RAM yang penuh. Betapa besar pun RAM yang ditawarkan ponsel-ponsel Android sekarang jika terus meneru diisi dengan aplikasi lengkap dengan berbagai macam update dan datanya tentu akan membuat RAM Anda penuh dan membuat hp jadi lemot. Jika Anda memiliki hp dengan kapasitas 2 GB setidaknya sisakan RAM hingga 1 GB agar ponsel masih bisa bekerja dengan lebih cepat, dan seterusnya. Cara untuk mengurangi beban RAM adalah dengan mematikan aplikasi yang bekerja di latar belakang, menghapus aplikasi dengan fungsi yang serupa, non aktifkan aplikasi bawaan yang tidak digunakan dengan menghapus datanya, dan menghapus cache aplikasi.


Bersihkan memori internal

Cara setting hp Android agar tidak lemot yang kedua adalah dengan mengosongkan memori internal hingga lega karena kapasitas memori internal yang penuh juga akan membuat hp Anda makin lambat. Oleh karena itu gunakan fitur memori eksternal untuk menyimpan data-data seperti misalnya data aplikasi, data media, dan data lainnya yang bisa dipindahkan untuk langsung disimpan di memori eksternal. Beberapa data yang tersimpan di memori internal dan tidak masalah jika dihapus antara lain adalah isi folder LOST.DIR, Recycler,  dan .thumbnails. Ketika memilih aplikasi untuk diinstal pilih aplikasi yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak terlalu makan banyak memori. 

Non aktifkan aplikasi latar belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang meski aplikasinya tidak Anda buka atau bahkan saat hp ditinggal dan tidak Anda sentuh sama sekali. Aplikasi-aplikasi seperti ini biasanya adalah aplikasi yang memberikan update, seperti misalnya aplikasi kalender, jam, aplikasi chatting, game, dan sebagainya. Jadi meski aplikasi yang lain sudah Anda tutup, aplikasi-aplikasi tertentu ini masih tetap berjalan dan bekerja dan jika jumlahnya terlalu banyak maka bisa membuat hp jadi lemot. Anda bisa mematikan aplikasi yang bekerja di latar belakang dengan cara buka Setting kemudian pilih Installed Apps >> Running lalu ketuk pada aplikasi yang tidak sedang dipakai, kemudian ketuk Stop.

Hapus cache aplikasi yang penuh

Cara setting hp Android agar tidak lemot selanjutnya adalah dengan menghapus cache aplikasi yang ukurannya sudah besar dan membuat memori internal jadi penuh sesak. Cache adalah data rekam jejak penggunaan aplikasi, makin sering Anda menggunakan aplikasi maka makin banyak cache-nya. Untuk menghapus cache aplikasi bisa dengan membuka aplikasi melalui menu Pengaturan  kemudian ketuk pada opsi hapus cache. Untuk aplikasi yang jarang Anda pakai, Anda juga bisa menghapus data untuk menyisakan memori lebih banyak. Menghapus data artinya data log in dan data aktivitas yang Anda lakukan pada aplikasi tersebut akan dihapus maka dari itu silahkan pilih mana aplikasi yang tidak masalah jika datanya dihapus. 

Comments 0