window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara Mengetahui Apakah Komputer anda Mengidap Virus

Cara Mengetahui Apakah Komputer anda Mengidap Virus


Virus yang menyerang komputer ada banyak jenis dan bentuknya. Ada yang terlihat dan ada yang tidak terlihat. Untuk anda yang ingin melakukan deteksi virus di komputer, berikut ini adalah ulasannya. 

Pentingnya mengetahui komputer anda aman dari virus

Karena tidak menunjukkan gejala apapun sering kali pengguna komputer dan juga laptop merasa aman-aman saja ketika menggunakan komputer mereka bahkan ketika akan melakukan kegiatan seperti transaksi secara online. Padahal mungkin ada mata-mata yang sedang menerawang kegiatan yang sedang anda lakukan untuk bersiap mencuri data anda dan memanfaatkannya untuk kepentingan kejahatan. Baik itu mencuri data penting atau bisa juga melakukan transaksi dengan menggunakan dana yang anda miliki di bank. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh karena itu, penting bagi  anda untuk mengetahui apakah komputer anda terjangkit virus atau tidak. Dan untuk mengetahuinya berikut ini adalah tips yang bisa kami berikan. 

Tidak ada peringatan dari antivirus anda

Jika anda tidak memiliki antivirus, maka akan lebih sulit bagi anda untuk melakukan deteksi virus di komputer anda. Tapi jika anda menggunakannya, maka belum tentu juga antivirus dapat memberikan peringatan dan perlindungan pada komputer anda. Hal ini terjadi terutama pada antivirus yang tidak update atau antivirus palsu dengan database yang tidak lengkap. Ketika antivirus anda tidak update, maka akan besar kemungkinan virus masuk dan mengubah setting yang ada di komputer anda. Salah satunya adalah setting untuk menonaktifkan anti virus di komputer anda. Jika hal ini terjadi, maka anda tidak akan mendapatkan peringatan apapun dari antivirus anda bahkan ketika anda melakukan penjelajahan di website yang memiliki malware atau virus. 

Komputer mendadak crash


Jika  tiba-tiba komputer anda manjadi tidak stabil dimana ia mendadak sering crash seperti mati sendiri atau tiba-tiba mengalami lag dan tidak bisa beroperasi, maka kemungkinan besar ada virus yang sedang menggerogoti sistem anda. Dalam sebuah aplikasi ada banyak data yang digunakan oleh aplikasi tersebut untuk dapat diakses oleh penggunaannya, jika sebuah aplikasi tiba-tiba tidak bisa diakses dari komputer anda, maka kemungkinan besar ada virus yang sedang mengganggu data pada folder aplikasi tersebut sehingga menyebabkan file menjadi corrupt dan menyebabkan aplikasi tidak bisa diakses. Ini adalah  salah satu cara deteksi virus di komputer dan jika hal ini terjadi, maka pastikan anda segera melakukan tindakan. 

Komputer menjadi lebih lambat


Hal lainnya yang bisa digunakan sebagai deteksi bahwa komputer anda sedang diserang oleh virus adalah dengan memperhatikan laju proses yang ada di komputer anda. Ketika komputer anda tiba-tiba bekerja dengan sangat lambat bahkan ketika anda tidak menggunakannya untuk membuka aplikasi yang berat, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa komputer anda sedang diserang. 

Virus yang masuk ke komputer anda mungkin tidak hanya mengganggu file yang ada di dalamnya tapi juga berkembang biak dan menyebabkan anda kehilangan memori untuk melakukan kegiatan anda sendiri. Karena virus berkembang dan makin banyak, proses yang dilakukannya juga makin besar. Jika hal ini terjadi, maka lama-lama anda akan kehabisan resource dan tidak bisa melakukan kegiatan apapun dengan laptop anda. Jika hal ini terjadi, maka segera bawa laptop anda ke tempat reparasi terdekat untuk menghilangkan serangan virus dan memberikan perlindungan pada laptop anda. 

Ukuran file

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk deteksi virus di komputer  adalah dengan memperhatikan ukuran file. Komputer yang terjangkit virus bisa mengalami hal yang aneh seperti perubahan ukuran file secara mendadak. Ukuran file dapat berubah-ubah dalam waktu yang singkat tanpa adanya akses. Ketik anda mengakses sebuah file, maka akan sangat umum jika ukuran dari file akan berubah. Tapi jika anda tidak melakukan apapun pada file tersebut tapi terjadi perubahan pada ukurannya, maka anda perlu waspada. Mungkin komputer anda sedang di serang virus atau malware. Pada kasus yang parah bahkan terkadang tampilan file yang ada di komputer bisa berubah dengan sendirinya. Ini merupakan salah satu cara untuk deteksi virus di komputer ada. 

Comments 0