window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara Menjaga Laptop Tetap Dingin

Cara Menjaga Laptop Tetap Dingin


Laptop yang overheating belakangan ini merupakan masalah yang diderita oleh banyak orang. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya overheating dan ada banyak juga cara untuk mendinginkan laptop anda. Untuk anda yang memiliki masalah dengan panas di laptop ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghentikannya. 

Bahaya laptop yang terlalu panas

Banyak yang mengira panas dari laptop merupakan hal yang umum dan tidak perlu diperhatikan. Tidak sedikit juga yang mengira bahwa panas pada laptop hanya  menyebabkan rasa tidak nyaman pada saat menggunakannya. Padahal. Bahaya yang dimiliki oleh laptop yang overheating  lebih besar dari pada itu. Laptop yang mengalami overheating bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Salah satunya adalah laptop yang terbakar atau meledak. Panas yang berlebihan pada laptop dapat menyebabkan ledakan yang tentunya dapat melukai anda penggunaanya. 

Salah satu penyebab dari  laptop yang  mengalami overheating adalah baterainya. Biasanya laptop yang memiliki baterai yang sudah tidak layak lebih mudah mengalami panas berlebih. Meski banyak, tapi bukan hanya itu saja yang menyebabkan laptop anda menjadi panas. Apapun penyebabnya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah laptop anda yang overheating. 

Membersihkan pendingin laptop


Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan laptop anda adalah dengan membersihkan kipas laptop anda. Membersihkan kipas di laptop adalah salah satu cara yang paling baik yang bisa anda lakukan untuk menjaga kipas tetap berfungsi. Kipas dari laptop merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya jika kipas tidak berfungsi, maka kemungkinan laptop mengalami overheating menjadi lebih tinggi. Pasalnya tidak ada benda yang menjaga komponen dalam laptop untuk tetap pada suhu normalnya. 

Untuk mengetahui apakah kipas laptop anda bekerja dengan baik ada 2 cara yang bisa anda  lakukan. Yang pertama adalah dengan membuka laptop yang anda miliki. Sayangnya jika laptop anda masih baru, membuka laptop yang anda miliki, maka anda bisa membatalkan garansi yang diberikan oleh produsen. Lalu bagaimana cara aman melakukan pengecekan apakah laptop anda berfungsi atau tidak? Untuk melakukan pengecekan apakah laptop anda berfungsi atau tidak bisa juga dilakukan dengan menggunakan menggunakan fan diagnosis tool yang bisa anda dapatkan di internet. 

Membersihkan ventilasi laptop

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan laptop anda adalah dengan membersihkan bagian ventilasi laptop anda secara teratur. Sebagian besar laptop menggunakan aliran udara untuk menjaga suhu dalam laptop tetap dingin. Hal inilah yang menyebabkan mereka membutuhkan ventilasi sebagai saluran pertukaran udara. Sayangnya keberadaan ventilasi ini bisa saja tertutup debu dan juga kotoran sehingga dapat mencegah pertukaran udara terjadi. Jika hal ini terjadi, maka akan sulit bagi anda untuk mendinginkan laptop anda secara natural. Oleh karena itu, pastikan anda membersihkan  saluran udara ini dengan menggunakan air compressor.  Selain itu untuk menjaga ventilasi udara di laptop anda tetap bersih, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan kain pembersih seperti microfiber yang lembab. Ingat lembab, bukan basah ya. 

Cek settingan bios


Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk membantu mendinginkan laptop anda adalah dengan mengecek sistem BIOS yang dimiliki oleh laptop anda. Ada beberapa setting software yang dapat memberitahukan mengenai temperatur laptop anda. Dengan melakukan update pada sistem bios, komputer anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar mengenai identifikasi panas di laptop anda. Hal ini disebabkan karena update pada sistem BIOS akan memberikan revisi terhadap setting suhu laptop anda sehingga dapat membantu dirinya sendiri untuk mengoptimalkan penggunaan kipas di laptop. Oleh karena itu, pastikan anda melakukan update  BIOS di komputer anda. Pastikan juga update yang anda lakukan untuk mendinginkan laptop ini dilakukan pada website official, jangan mudah tertipu dengan software  BIOS abal-abal yang mungkin malah menyisipkan malware dan menyebabkan masalah panas komputer yang baru pada laptop anda. 

Jika usaha mendinginkan laptop yang dilakukan diatas belum membuahkan hasil sehingga komputer anda masih terlalu panas, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kipas tambahan untuk mendinginkan laptop.

Comments 0