Cara Menggunakan Selektif di Aplikasi Lightroom

Selektif merupakan fitur yang bisa menyeleksi sebuah gambar foto yang dapat dipilih untuk di edit yang kalian inginkan saja.

Pada setiap aplikasi edit foto terdapat berbagai macam fitur atau tool yang berbeda-beda, untuk mempercantik dan mebuat foto kalian lebih keren.

Mengedit foto cukup lengkap apabila di edit semua obyek secara menyeluruh. Akan tetapi, di aplikasi lightroom terdapat fitur edit yang hanya bisa di edit sebagian area saja dan membiarkan sebagiannya tak tersentuh atau gak diedit yaitu selektif.

Selektif merupakan fitur yang bisa menyeleksi sebuah gambar foto yang dapat dipilih untuk di edit yang kalian inginkan saja.

Cara Menggunakan Fitur Selektif di Aplikasi Lightroom

Cara Menggunakan  Fitur Selektif di Aplikasi Lightroom

Untuk menghasilkan hasil foto yang optimal dan keren, kalian harus teliti dan jeli dalam menggunakan fitur selektif tersebut.

Berikut cara menggunakan fitur selektif di aplikasi lightroom:

  • Pada layar halaman pengeditan foto, fitur selektif terletak di bagian bawah layar paling pojok kiri. lalu kalian ketuk icon tersebut.
  • Jika sudah diketuk, kalian akan menemukan 3 fitur yang fungsinya berbeda-beda dalam proses pengeditan atau menyeleksinya. 

Diantaranya pada bagian kiri berbentuk pensil di sebut Brush yang fungsinya untuk mencoret bagian tertentu, di bagian tengah yang berbentuk lingkaran di sebut Gradien Radial yang fungsinya juga mencoret sebagian tapi lebih besar dan fitur terakhir berbentu kotak disebut Gradien Linier yang fungsinya dapat menyeimbangkan edit foto. 
  • Setelah proses selektif selesai, langkah selanjutnya kalian mengatur bagian mana yang akan dirubah dengan mengetuk di setiap fitur dibagian bawah yang terdiri dari 7 fitur yang fungsinya berbeda-beda. diantaranya adalah adalah pencahayaan, temperature, light, color atau pewarnaan, detail, dan reset.
  • Jika merasa kurang puas dengan hasil seleksinya, kalian bisa menambahkan selektif baru dengan mengetuk icon plus (+) di bagian layar atas.
  • Setelah selesai melakukan pengeditan, kalian bisa langsung keluar ke halaman penyuntingan awal dan secara otomatis akan berubah serta tidak akan berpengaruh pada hasil selektif yang telah kalian seleksi tadi meskipun mengedit seluruh objectnya.
  • Langkah terakhir yaitu tingga save.
Cara diatas semoga bisa membantu hasil edit foto kalian ketika ingin menggunakan fitur selektif di aplikasi lightroom.