Cara Mengatasi Download Tertunda Google Play Store

Hal yang paling sering terjadi masalah pada google play store ini adalah "Download Tertundu" yang tidak di ketahui apa penyebabnya.

Google play store bisa diartikan sebagai aplikasi terpenting yang harus berjalan normal di perangkat android. 

Biasanya kita melakukan unduhan aplikasi maupun game baru melalui aplikasi play store ini. Tidak hanya sebatas unduhan baru saja akan tetapi saat kita memperbarui aplikasi juga melakukanya melalui play store ini. 

Gimana kiranya jika hal yang terjadi pada ponsel android yang kita gunakan mengalami error pada aplikasi play store yang digunakan? 

Pastinya semua aplikasi tidak akan bisa diperbarui, dan kita juga tidak bisa melakukan unduhan baru aplikasi dan juga game baru. 

Hal yang paling sering terjadi masalah pada google play store ini adalah "Download Tertunda" yang tidak diketahui apa penyebabnya. 

Bagi kalian yang mengalami masalah sama seperti pengalaman admin silakan ikuti panduan di bawah ini untuk memperbaikinya. 

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store
Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store 

Download tertunda biasanya terjadi dikarenakan adanya aplikasi yang sedang diunduh, Sehingga aplikasi yang kedua akan secara otomatis ditunda dan menunggu aplikasi yang pertama selesai melakukan unduhan. 

Akan tetapi untuk kasus ini adalah play store sedang tidak menjalankan unduhan pada aplikasi manapun, Tetapi laporan yang tertulis download tertunda. 

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang harus kamu coba di bawah ini. 

1. Periksa Jaringan Internet. 

Yah seperti yang sudah kita tahu sebelumnya bahwasanya play store membutuhkan akses internet untuk dapat melakukan unduhan pada setiap aplikasi dan juga game yang akan kita install dari sana.

Yang pertama pastikan jaringan internet yang digunakan berjalan normal, Untuk caranya anda bisa mencobanya searching terlebih dahulu menggunakan google chrome atau browser lainya. 

Dikhawatirkan kuota paket yang tersedia pada ponsel anda hanya paket sosial media saja, Untuk itu silahkan coba menggunakan wifi terlebih dan lanjut menggunakan browser.

2. Menghapus File Sampah

Semua aplikasi android yang pernah kita gunakan akan meninggalkan file cache untuk mempercepat akses kita saat membuka aplikasi kembali.

Seiring perjalanan waktu aplikasi yang kita gunakan secara terus menerus akan menyimpan banyak alamat dan juga file cache yang menumpuk pada ponsel.

File cache ini juga dapat menyebabkan error, Istilah ini dikenal dengan penamaan cache crash yang artinya file crash dikarenakan bertumpukan disana. 

Untuk itu, Silahkan bersihkan cache pada aplikasi play store yang kamu gunakan. Caranya pergi ke setelan ponsel > Manajer aplikasi > Google play store > Hapus cache. 

Silakan coba kembali melakukan unduhan di play store. Apakah Download bisa dijalankan ataukah masalah masih belum teratasi? Jika belum juga teratasi kita lanjutkan ke poin nomor 3 di bawah ini. 

3. Mengubah Setelan Unduhan File

Play store memiliki sistem kerja yang sangat powerfull. Segala sistem akan sangat diperhatikan secara detail olehnya. Termasuk setelan unduhan.

Secara default, File bisa diunduh menggunakan jaringan wifi bilamana file berkisaran dibawah 1GB saja.Sedangkan file yang ukuranya melebihi 1 Gb biasanya akan diunduh saat menggunakan jaringan wifi saja. 

Hal ini bertujuan agar penggunaan paket data pada ponsel tidak mengalami bocor atau boros saat melakukan unduhan.

Untuk itu silahkan ubah setelan unduhan > play store > Setelan unduhan > ubah menjadi "Menggunakan jaringan apapun"

4. Update Play Store 

Play store berfungsi untuk memperbarui aplikasi yang sudah terinstall, Akan tetapi play store  juga membutuhkan akses pembaruan juga tentunya.

Untuk itu sebaiknya perbarui aplikasi play store anda dengan cara > Buka play store > Klik play store version beberapa kali.

Secara otomatis aplikasi play store akan melakukan cek pembaruan dari server, Setelah itu coba kembali apakah sudah bisa melakukan unduhan.